Logo
LPMP Lampung
images

Presiden Jokowi Sapa Anak-anak SD Melalui Virtual Bersama Direktorat Sekolah Dasar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan semangat kepada anak-anak Sekolah Dasar kelas 5 SDN Sudimara, Banyumas. Pesan penuh semangat itu disampaikan Presiden melalui virtual yang diadakan Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbudristek, Kamis, 22 Juli 2021.

Kehadiran Presiden yang tiba-tiba hadir itu mengejutkan para peserta. Senyum sumringah serta antusias pun terpancar jelas dari wajah anak-anak SDN Sudimara, meskipun hanya terlihat melalui virtual. Video pertemuan Jokowi dengan anak-anak SD tersebut dapat disaksikan di channel Youtube Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbudristek.

Dalam kegiatan diskusi yang juga dihadiri Direktur Sekolah Dasar Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., serta guru SDN Sudimara, Presiden Jokowi ramah menyapa anak-anak. Kepala Negara menanyakan kabar serta menanyakan kegiatan belajar mereka selama pandemi. Presiden pun memberikan semangat agar anak-anak Indonesia tetap menjalankan kegiatan belajar dengan penuh semangat meskipun dalam kondisi pandemi.

“Anak-anak Indonesia semuanya yang saya cintai dan yang saya sayangi, sejak Maret tahun 2020 kita menghadapi  pandemi virus Corona. Dan selama pandemi anak-anak juga sering di rumah, tidak pergi ke sekolah untuk belajar. Meski demikian, anak-anakku harus tetap semangat untuk belajar, walaupun anak-anakku rindu bertemu guru dan teman-teman sekolah,” tutur Presiden Jokowi.

Di akhir video, Presiden Jokowi mengingatkan anak-anak Indonesia untuk tetap menerapkan 5M, menjaga protokol kesehatan serta melakukan pola hidup bersih dan sehat. Ini dimaksudkan agar anak-anak Indonesia tetap sehat dan dapat kembali bersekolah di saat landau Covid-19 sudah membaik.

“Anak-anakku masa depan Indonesia, kalian harus semangat dan rajin belajar. Jangan lupa minta perlindungan Allah subhanahu wa ta'ala agar kita semua bangsa Indonesia, termasuk semua anak-anakku di Indonesia terlindungi,” pungkasnya.

Sementara itu, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek, terus mengingatkan anak-anak Indonesia dengan Profil Pelajar Pancasila. Ia berharap dengan memahami Profil Pelajar Pancasila, anak-anak Indonesia tumbuh menjadi sosok yang luar biasa dan berdaya saing di masa depan.

“Profil pelajar Pancasila adalah anak-anak semua peserta didik, baik di SD, SMP maupun di SMA. Peserta didik harus menjadi manusia-manusia hebat dan berdaya saing di masa yang akan datang. Ini merupakan amanat dari Bapak Presiden yang menyiapkan seluruh anak-anak sekolah menjadi generasi-generasi unggul di masa depan,” ungkap Sri Wahyuningsih.

Direktur Sekolah Dasar juga sempat mengobrol dan berdiskusi dengan siswa-siswi yang hadir secara virtual. Dari diskusi virtua, hampir sebagian murid mengaku kesulitan melakukan belajar secara daring. Seperti yang dikeluhkan Meiza, siswi kelas 5 SDN Sudimara.

“Sekolah tatap muka itu pelajarannya bisa dimengerti langsung, tapi kalau pelajaran daring susah dipahami. Ada kendala sinyal dan kendala kuota,” keluhnya. Meski demikian, siswi yang menyukai mata pelajaran IPA ini tetap semangat belajar, terutama jika mempelajari mata pelajaran favoritnya.

“Aku suka belajar tentang pertumbuhan dan perkembangbiakan. Aku menyukai tanam-tanaman karena orang tua seorang petani padi dan jagung,” katanya.

Sementara Amelia, siswa lainnya, menyampaikan jika dirinya sudah memiliki cita-cita yang ingin diwujudkan. Dia mengaku ingin menjadi seorang dokter dan Guru TK. “Aku cita-citanya ingin menjadi dokter atau guru TK. Sepertinya sangat seru menjadi Guru TK,” ujarnya.

Sumber : https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/presiden-jokowi-sapa-anak-anak-sd-melalui-virtual-bersama-direktorat-sekolah-dasar


TAG

Dipost Oleh Solekul Hadi

Penyusun Informasi dan Publikasi