Logo
LPMP Lampung
images

Pembelajaran Bermakna bagi Generasi Millenial di Masa Pandemi Covid-19

Mendidik anak merupakan tugas guru yang biasanya dilaksanakan di sekolah, secara tatap muka dan dilakukan setiap hari. Namun, saat pandemi covid-19 melanda terjadi perubahan belajar menjadi Belajar dari Rumah (BDR).  Pelaksanaan BDR serentak dilakukan semua sekolah, tanpa persiapan dan secara mendadak. Kita tidak menyangka bahwa pada akhirnya Indonesia melaksanakan BDR.

Mau tidak mau, suka tidak suka, BDR harus dilaksanakan. Hal ini merujuk pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Adanya Edaran ini sangat jelas bahwasanya semua guru wajib menyelenggarakan pembelajaran BDR.

Bagaimana cara melaksanakan BDR ini, sementara kita belum memiliki pengalaman, coba kita baca seksama surat edaran tersebut, pada point 4 (empat) di dalamnya dikatakan “pengalaman belajar yang bermakna tanpa terbebani tuntutan seluruh capaian kurikulum”. Point ini perlu disikapi dengan bijak, artinya kita garisbawahi tentang kata bermakna, kata ini sangat luar biasa bagi anak yang belajar, khususnya generasi millennial.

Apa yang sebaiknya kita lakukan? Permasalahan inilah yang perlu kita diskusikan lebih lanjut, mengingat beberapa persoalan muncul dengan pelaksanaan BDR. Sebagian besar guru masih mengejar target kurikulum, siswa mendapat tugas yang begitu banyak, siswa kesulitan belajar, orang tua mengeluh karena harus membantu anaknya belajar, dan masih banyak masalah atau kendala lainnya.

Yuk kita bahas bersama dalam kegiatan online dalam Ngobrol Publik, pada hari Kamis, 16 April 2020 pukul 13.00 sd.15.00 WIB, dengan link : http://gg.gg/pembelajaran_bermakna https://bit.ly/pembelajaran_bermakna  Meeting Room: 584 803 086  Password: 12345. Akhir kegiatan akan dilakukan kuis berhadiah (Kahoot.it).


TAG

Dipost Oleh Solekul Hadi

Penyusun Informasi dan Publikasi