Logo
LPMP Lampung
images

Kemdikbudristek Ajak Insan Pers Ikuti Lomba Jurnalistik “Rayakan Merdekamu”

Jakarta, Kemendikbudristek--Insan pers memegang peranan penting dalam menyampaikan kebijakan serta program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kepada masyarakat luas melalui karya jurnalistiknya. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia, Kemendikbudristek mengajak wartawan untuk ikut serta berpartisipasi dalam lomba "Rayakan Merdekamu" dengan membuat artikel bertema kebinekaan.

Kegiatan lomba ini adalah usaha pemerintah dalam memunculkan kreativitas serta menumbuhkan jiwa nasionalisme, cinta tanah air, dan persatuan serta kesatuan khususnya di masa pandemi Covid-19. "Sekarang adalah momen terbaik bagi kita untuk memperkuat kebersamaan sebagai bangsa yang kuat karena bineka. Oleh sebab itu, saya mengajak adik-adik pelajar, teman-teman mahasiswa, ibu/bapak pendidik dan tenaga kependidikan, pelaku seni dan budaya, serta rekan-rekan media di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam lomba Rayakan Merdekamu yang akan digelar secara online mengingat saat ini tengah masa pandemi Covid-19," ujar Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam video ajakannya.

Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan oleh wartawan dalam mengirim karya tulisnya, di antaranya adalah kesesuaian tema, jumlah karakter yang minimal terdiri atas 300 kata dan maksimal 500 kata, kekuatan pesan, dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Peserta dapat mulai mengumpulkan karya mulai tanggal 18 Juli hingga 9 Agustus 2021. Proses penjurian sendiri akan dilakukan pada 10 sampai dengan 16 Agustus 2021 secara berjenjang. Acara puncak pengumuman hasil Lomba "Rayakan Merdekamu" akan diumumkan pada malam puncak pada 25 Agustus 2021 mendatang.

Lomba Rayakan Merdekamu terbuka bagi masyarakat umum yang dapat mengikuti lomba sesuai kategori-kategori yang disediakan. Berbagai hadiah menanti pemenang, yakni laptop, tablet, dan ponsel pintar bagi juara pertama sampai dengan ketiga. Sepuluh besar finalis lomba akan mendapatkan piagam penghargaan dan ratusan peserta lomba terpilih setiap kategori lomba berkesempatan memenangkan hadiah hiburan. Selain itu, karya-karya finalis akan dipamerkan pada laman rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id dan Rumah Digital Indonesia.

Informasi seputar Lomba Rayakan Merdekamu lebih lanjut, di antaranya mengenai tata cara alur pendaftaran, pedoman, syarat umum dan khusus, dapat dilihat pada laman rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id. (Lany Fitria/Prani Pramudita)

Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/ 


TAG

Dipost Oleh Wahyu Wijayanto

Penyusun Informasi dan Publikasi