Logo
LPMP Lampung
images

Tingkatkan Kapasitas Pegawai, LPMP Lampung Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik

Lembaga Penjaminan Mutu (LPMP) Lampung menyelenggarakan pelatihan jurnalistik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tanggal 09-11 Maret 2020 di aula gedung Pepadun. Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengembangan kompetensi pegawai sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pelatihan jurnalistik diperlukan untuk meningkatkan kinerja para ASN dalam bidang jurnalistik guna menyiapkan aparatur yang melayani secara profesional  dan berkarakter di lingkungan kerja LPMP Lampung. Kompetensi jurnalistik tersebut meliputi materi dasar-dasar jurnalistik, teknik menggali ide dan penulisan berita, Bahasa Indonesia jurnalistik dan teknik penyuntingan berita, media digital bagi instansi pemerintah, strategi konten media digital: website dan media sosial, penulisan dan copywriting untuk media sosial.

Pengembangan kapasitas pegawai LPMP Lampung diikuti oleh perwakilan Seksi Sistem Informasi, Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi, Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan, dan Jabatan Fungsional Tertentu (Pengembang Teknologi Pembelajaran dan Widyaiswara).

Pelatihan dibuka oleh Plt. Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud, Ade Erlangga Masdiana sekaligus memberikan materi kebijakan keterbukaan informasi dan fungsi media informasi bagi instansi pemerintah serta dasar-dasar jurnalistik.

Ade Erlangga mengatakan bahwa salah satu nilai penting media informasi bagi instansi pemerintah adalah sebagai media untuk mengkomunikasikan kebijakan pemerintah agar dipahami oleh masyarakat sehingga kebijakan tersebut diterima dengan baik. “Sekarang masyarakat lebih banyak menerima informasi melalui media informasi dan komunikasi dalam bentuk website dan media sosial atau populer dengan istilah media digital seperti facebook, twitter, instagram, dan youtube. Oleh karena itu perkembangan berbagai platform media informasi tersebut harus disikapi dan diantisipasi oleh instansi pemerintah dalam rangka mengkomunikasikan berbagai kebijakan”, ujarnya .

Turut menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Anang Ristanto dari Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat, Juwendra Asdiyansyah (Praktisi Media Lampung), dan Alvin Damar (Gapura Digital).


TAG

Dipost Oleh Solekul Hadi

Penyusun Informasi dan Publikasi