Logo
LPMP Lampung
images

Pemaparan Komponen-komponen pengungkit RBI LPMP Lampung dalam rangka implementasi ZIWBK oleh Kepala LPMP Lampung di depan tim Penilai Kemenpan RI

TIM KEMENPAN RB KUNJUNGI LPMP LAMPUNG UNTUK PENILAIAN ZIWBK

Bandar Lampung, 18/10/2019. Tim penilai ZIWBK Kemenpan RB Republik Indonesia melakukan penilaian terhadap Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung pada Jum’at, 18 Oktober 2019. LPMP Lampung adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mengusulkan diri untuk mengikuti proses penilaian sebagai calon instansi pelaksana Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi. Kunjungan tersebut beragendakan penilaian akhir untuk menentukan apakah LPMP Lampung layak untuk menyandang predikat Intansi yang telah mengimplementasikan ZIWBK. Dalam kunjungan tersebut, TIM Kemenpan RB didampingi oleh TIM RBI Kemendikbud RI, tim dari Inspektorat Jenderal Kemdikbud RI, Biro Umum Kemdikbud RI, dan tim dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.

Dalam agenda penilaian tersebut, TIM Kemenpan RB mendapatkan paparan dari LPMP Lampung mengenai program unggulan yang merupakan penerjemahan dari tugas pokok dan fungsi LPMP. Selain itu, TIM Kemenpan RB juga meminta pemaparan mengenai kinerja LPMP dari beberapa komponen pengungkit organisasi yang telah ditetapkan dari awal yang menjadi patokan dalam penilaian. Beberapa komponen tersebut diantaranya adalah komponen manajemen perubahan, , penataan tata laksana, manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan internal Lembaga dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Upaya mendapatkan predikat ZIWBK adalah bagian agenda besar reformasi birokrasi di Indonesia yang tujuan utamanya adalah peningkatan kualitas layanan yang dilakukan oleh instansi penerima sertifikat ZIWBK.

Dalam keterangannya, Kepala LPMP Lampung, Zukirman, M.M., menegaskan bahwa usaha dalam memperoleh predikat ZIWBK diharapkan tidak hanya terkait dengan identitas belaka dan berhenti jika predikat telah tercapai. Namun lebih dari itu adalah terbangunnya budaya mutu dalam setiap aktivitas pelayanan yang dilakukan oleh LPMP Lampung. Hal ini juga dikuatkan oleh salah satu tim penilai dari Kemenpan RB pada saat penutupan acara yang menyatakan bahwa aktivitas yang berientasi pada pelayanan terbaik harus terus dilanjutkan.


TAG , , , , ,

Dipost Oleh Syahrul Fatriansah

Penyusun Informasi dan Publikasi LPMP Lampung