Logo
LPMP Lampung
images

Pemanfaatan Googleform Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Atasi Penyebaran Covid-19

Oleh : Tri Wibawanto, M.Si.

Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda LPMP Lampung

Setelah WHO mengumumkan bahwa Covid19 sebagai wabah pandemic global di seluruh dunia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengajak berbagai pihak di dunia pendidikan untuk bergerak bersama menghadapi virus corona. Mendikbud Nadiem Makarim mengimbau Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kepala Sekolah di seluruh Indonesia untuk melakukan langkah-langkah mencegah berkembangnya penyebaran COVID-19 di lingkungan satuan pendidikan. Setidaknya sudah ada 2 surat edaran dikeluarkan Kemendikbud terkait virus corona; (1) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di lingkungan Kemendikbud dan (2) Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan. Kemudian karena perkembangan wabah virus covid19 yang semakin menyebar, maka Mendikbud Nadiem Makarim mengeluarkan surat edaran tentang pembelajaran daring di satuan pendidikan dan bekerja di rumah bagi pegawai sebagai upaya pencegahan penyebaran virus covid19.

Dengan keluarnya kebijakan pemerintah untuk belajar, bekerja dan beribadah di rumah, maka mau tidak mau guru dan siswa harus memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah. Banyak aplikasi pembelajaran online yang siap digunakan secara gratis oleh guru dan siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Aplikasi tersebut diantaranya adalah kelas maya dari rumah belajar kemdikbud, ruang guru, googleclass dan sebagainya. Namun permasalahannya apakah semua guru dan siswa di negara kita ini mampu menggunakan aplikasi – aplikasi tersebut? Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Kapustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gogot Suharwoto mengatakan hanya 40 persen guru nonteknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang siap dengan teknologi. Tentunya ini akan menjadi kendala dalam pembelajaran jarak jauh untuk menghadapi penyebaran virus covid19 ini.

Oleh karena itu diperlukan media yang mudah digunakan oleh siswa dan guru. Diperlukan media yang sangat mudah dibuat dan diaplikasikan ke dalam pembelajaran jarak jauh. Media apakah yang sudah sering digunakan oleh guru dan siswa? Media apakah yang mudah pembuatannya? Media apakah yang mudah juga dalam penggunaannya sebagai media pembelajaran jarak jauh?

Selengkapnya...


TAG

Dipost Oleh Solekul Hadi

Penyusun Informasi dan Publikasi