Logo
LPMP Lampung
images

Pembukaan Pelatihan Reformasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kemdikbud 2019

Pelatihan Reformasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dijelaskan bahwa negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik yang merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Untuk melaksanakan pelayanan publik sebagaimana diamanatkan undang-undang, diperlukan sumber daya manusia yang profesional dalam hal ini Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai bagian dari penyelenggaraan pelayanan publik. Selain meningkatkan kompetensi ASN, dilakukan pula reformasi pelayanan publik yang bertujuan agar ASN mampu mengaktualisasi pelayanan publik secara profesional sesuai dengan peran dan tugasnya.

Guna mempercepat pelayanan publik yang prima, maka pembenahan kualitas kinerja aparatur pemerintah dan penyelenggaraan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel menjadi hal yang sangat penting. Dengan pertimbangan tersebut maka diselenggarakan Pelatihan Reformasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pelatihan Reformasi Pelayanan Publik Angkatan 1 dilaksanakan dengan pola 90 jam pelatihan, berlangsung mulai tanggal 21 s.d. 30 April 2019 bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan (Pusdiklat Kemdikbud)Peserta Pelatihan Reformasi Pelayanan Publik Angkatan 1 terdiri dari unsur Unit Utama dan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kemdikbud.

Pelatihan Reformasi Pelayanan Publik bertujuan agar ASN mampu mengaktualisasikan pelayanan publik yang profesional sesuai dengan peran dan tugasnya. Mampu mewujudkan proses pembelajaran, yang diindikasikan dengan kemampuannya dalam Menjelaskan standar pelayanan prima; menjelaskan revolusi budaya pelayanan publik; menjelaskan konsepsi inovasi sektor publik;  menjelaskan   etika   organisasi   berbasis  tata  nilai kemendikbud dalam pelayanan publik; memahami praktik baik pelayanan publik kemendikbud; menyusun strategi  peningkatan kualitas pelayanan publik; menjelaskan issu strategi pelayanan publik; menyusun rancangan revolusi cara kerja; Melakukan cara pencegahan tindak pidana korupsi; Melakukan pembelajaran perilaku kepemimpinan manajemen.

Materi pelatihan Reformasi Pelayanan Publik meliput; Standar Pelayanan Minimal, Revolusi Budaya Pelayanan Publik, Inovasi Sektor Publik, Etika Organisasi Berbasis Tata Nilai Kemendikbud Dalam Pelayanan Publik, Issu Strateqi Pelayanan Publik, Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Praktik Baik Pelayanan Publik Kemendikbud, Rancangan Revolusi Cara Kerja, Seminar Rancangan Revolusi Cara Kerja, Zona Integritas-Wilayah Bebas dari Korupsi, Pembelajaran Perilaku Kepemimpinan dan Manajemen

Selamat kepada para peserta pelatihan program ini. Mudah-mudahan kesempatan yang sangat berharga ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.


TAG

Dipost Oleh Solekul Hadi

Penyusun Informasi dan Publikasi