Logo
LPMP Lampung
images

PACU CAPAIAN PROGRES PENGIRIMAN DATA PMP, LPMP LAMPUNG SELENGGARAKAN BIMTEK PERCEPATAN PERHITUNGAN RAPOR MUTU DATA PMP

Pengiriman data Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) tahun 2019 Provinsi Lampung berdasarkan Penghitungan Rapor Mutu per 10 Juni 2020 mencapai 67,49 % urutan  ke-11 nasional. Menyikapi kondisi tersebut LPMP Lampung menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) daring bagi pengawas dan sekolah dalam pengisian data PMP. Kegiatan direncanakan dilaksanakan selama tiga hari secara daring melalui video conference mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 17.30 WIBMelalui kegiatan Bimtek diharapkan menjadi  pendorong sekaligus memberikan solusi berbagai permasalahan yang dihadapi sekolah dalam proses pengisian data PMP.

Kegiatan perdana dilaksanakan Selasa (10/6), dengan peserta pengawas dan operator sekolah dari Kabupaten Pesisir Barat.  Kegiatan diawali sambutan Kepala Seksi Sistem Informasi LPMP Lampung, Zabidin. Pada sambutannya Zabidin mengungkapkan, kegiatan bimtek yang dilaksanakan LPMP merupakan upaya mendorong sekolah dalam pengiriman data PMP, mengingat pentingnya rapor mutu sebagai basis perencanaan peningkatan mutu SD, SMP, SMA dan SMK. Lebih jauh Zabidin menambahkan, melalui kegiatan ini dapat menjadi sarana pagi sekolah dan pengawas untuk mencari solusi permasalahan yang dihadapi dalam proses pengisian maupun pengiriman data PMP.

Terpantau peserta cukup antusias mengikuti jalannya bimtek, bertindak sebagai Narasumber Dani Jaya Kesuma dari LPMP Lampung bersama Ngatiman dari pengawas SMP Disdik Pringsewu. Peserta secara langsung dibimbing terkait permasalahan aplikasi dan instrumen yang dihadapi oleh sekolah. Bimtek berlanjut pada pada hari kamis (11/6) dengan peserta dari kabupaten Mesuji dan pada hari Jumat (12/6) peserta dari Kabupaten Lampung Utara.

Motivasi dan Kerjasama semua pihak menjadi faktor penentu keberhasilan dalam proses peningkatan mutu pendidikan, melalui bimtek oleh LPMP diharapkan selain pengawas dan warga sekolah, diharapkan adanya respon dari pemangku kebijakan di daerah dalam hal ini dinas pendidikan kabupaten dan provinsi dalam capaian pengiriman data PMP, sehingga capaian pengiriman raport mutu sekolah sebagai basis peningkatan mutu Pendidikan dapat meningkat


TAG

Dipost Oleh Wahyu Wijayanto

Penyusun Informasi dan Publikasi