Logo
LPMP Lampung
images

Mengoptimalkan Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Salah satu teknologi yang mempengaruhi pembelajaran adalah teknologi internet. Teknologi Internet tidak dibatasi pada waktu dan jarak, keunggulan internet  mempermudah proses pembelajaran yang bisa dilakukan dimana saja dan dilakukan kapan saja. Ditambah lagi jika terdapat hal-hal yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran di dalam kelas, contohnya seperti ketika sedang terjadi pandemic COVID-19 seperti sekarang ini. Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran jarak jauh akan sangat membantu proses pembelajaran.

Media website pada internet sangat cocok untuk dijadikan alternatif pilihan media pembelajaran jarak jauh.  Media website dapat juga digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan dampak positif penggunaan internet. Yang tentu saja dalam hal ini membutuhkan peran yang baik dari para tenaga pendidik dalam mengelola pembelajaran daring ini agar dapat digunakan secara terarah dengan baik dan sesuai dengan pada proses pembelajaran.

Google sites adalah salah satu media webstite yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Google sites adalah sebuah website yang digunakan untuk keperluan kelompok ataupun pribadi. Google Sites merupakan cara termudah dalam membuat informasi yang bisa diakses oleh orang yang membutuhkan sceara cepat, dan orang-orang dapat bekerja sama dalam situs untuk menambahkan berkas file lampiran serta informasi dari aplikasi google lainnya seperti google docs, sheet, forms, calender, awesome table dan lain sebagainya. Dengan fitur-fitur yang ditawarkan, google sites dapat  menunjang efektifitas pembelajaran jarak jauh.

Bagaimanakah penggunaan google sites dalam menunjang efektifitas pembelajaran jarak jauh? Baca selengkapnya di sini. (*)

Penulis: Ferismayanti, M.Pd. (Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Lampung)


TAG

Dipost Oleh Solekul Hadi

Penyusun Informasi dan Publikasi