Logo
LPMP Lampung
images

Membangun Karakter Gotong Royong dengan Pembelajaran Kolaboratif Menggunakan Platform Lark

Gotong royong merupakan salah satu dari lima nilai karakter utama disamping religius, nasionalis, mandiri, dan integritas. Karakter gotong royong perlu dibangun dalam proses pembelajaran. Harapannya siswa mampu menginternalisasi gotong royong dalam diri dan kehidupan sehari-hari terutama dalam masa pandemi ini.

Adanya pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia. Sendi-sendi kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat di Indonesia berubah total. Semua komponen bangsa, regulasi, dan tatanan kehidupan sosial masyarakat diarahkan sepenuhnya untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Di bidang pendidikan terjadi perubahan yang sangat cepat atau kalau boleh dikatakan ada "revolusi pembelajaran" yang melanda Indonesia.  Perubahan besar yang terjadi adalah dari pembelajaran konvensional (tatap muka langsung di kelas) menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan atau online). Banyak guru, siswa, dan bahkan orang tua merasa gagap dalam menghadapi perubahan. Kelemahan dalam penguasaan teknologi pembelajaran yang menjadi penyebabnya.

Oleh karena itu, penerapan Belajar dari Rumah (BDR) di masa darurat penyebaran Covid-19 ini sangat diperlukan adanya gotong royong (kolaborasi) antara siswa, guru, dan orang tua siswa. Penerapan belajar dari rumah lebih difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup. Dalam menghadapi pandemi Covid-19 memerlukan kolaborasi desain pembelajaran terintegrasi antar mata pelajaran agar tercapai kompetensi siswa yang diharapkan.

Platform Lark dapat digunakan dalam penyusunan desain pembelajaran kolaboratif yang akan memberikan lebih banyak kemudahan bagi guru untuk menentukan desain pembelajaran secara bersama-sama, yaitu pembelajaran bermakna yang efektif dan efisien dalam pencapaian kompetensi siswa. Platform Lark memberikan kemudahan dalam melakukan kolaborasi secara online.

Apa itu pembelajaran kolaboratif? Bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, penilaian, refleksi, dan tindak lanjut penerapan pembelajaran kolaboratif? Apa media yang digunakan? Baca selengkapnya di sini.


TAG

Dipost Oleh Solekul Hadi

Penyusun Informasi dan Publikasi