Logo
LPMP Lampung
images

LPMP Provinsi Lampung Selenggarakan Desiminasi Best Parcatice Gajah Betik Kabupaten Mesuji

LPMP Provinsi Lampung menyelenggarakan Kegiatan Desiminasi Best Parcatice Gajah Betik Kabupaten Mesuji pada tanggal 08 November 2021.  Kegiatan yang berlangsung di SMPN 10 Mesuji, di hadiri oleh unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji, LPMP Provinsi Lampung , Kepala sekolah induk klaster jenjang SD dan SMP dan  guru pada jenjang SD dan SMP yang menjadi sasaran fasilitasi dan pembimbingan kegiatan Gajah Betik Fungsional Teknologi Pembelajaran LPMP Provinsi Lampung.

Diseminasi ini merupakan kegiatan seminar, dimana pemakalahnya adalah para guru yang terpilih dari  setiap induk klaster sasaran fasilitasi dan pembimbingan kegiatan Gajah Betik Fungsional Teknologi Pembelajaran LPMP Provinsi Lampung yang sudah di selenggarakan sebelumnya dalam tahapan kegiatan In On In.

Pada sambutannya Kasubbag LPMP Provinsi Lampung, Bapak Warsita, S.S., M.Pd menekankan bahwa menjadi kewajiban dari setiap yang terlibat dalam proses Pendidikan untuk senantiasa merespon dengan cepat tranformasi digital yang membawa perubahan pada semua aspek pembelajaran. Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud telah meluncurkan akun pembelajaran sebagai sarana digital bagi pendidik dan tenaga kenpendidikan serta siswa hendaknya dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menuju digitalisasi sekolah. Bagaiamana kemudian memanfaatkan media pembelajaran dan akun pembelajaran  sebagai sumber belajar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan juga  kebutuhan kontekstual kearifan local setempat.

Inti dari kegiatan ini adalah menampilkan presentasi Best Practice atau praktik baik  guru guru dalam merancang perbaikan pembelajaran, melakasanakan pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa  dengan menekankan pada model pembelajaran inovatif  dengan pemanfaatan hypermedia serta implementasinya pada pembelajaran tatap muka terbatas saat ini.

Presentasi dilakukan oleh 7 perwakilan guru sebagai utusan dari masing-masing induk klaster yang secara keseluruhan menampilkan pembelajaran terbaik yang telah dilakukan. Berawal dari permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam masa pembelajaran tatap muka terbatas, guru mencari solusi rancangan pembelajaran seperti apa yang bisa mengakomodasi kebutuhan siswa, pembelajaran berpusat pada siswa dengan keterbatasan jam tatap muka yang tersedia namun tetap dapat memenuhi hak siswa untuk belajar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Berbagai solusi disajikan oleh guru dengan kombinasi pembelajaran moda daring dan luring, pemanfaatan media dan akun pembelajaran, pembelajaran berbasis  projek atau problem dengan model pembelajaran yang di dalamnya memuat aktivitas siswa dalam  tatap muka  dan dalam jaringan, serta tampilan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan secara rinci sebagai bentuk laporan hasil belajar dan analisa perbaikan proses pembelajaran berikutnya.

Dari kegiatan ini direkomendasikan kepada dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji agar mengembangkan mekanisme pengimbasan dari guru-guru yang telah mendapatkan fasiliatasi dan pembimbingan oleh LPMP Provinsi Lampung kepada guru guru pada lingkup klaster maupun kepada guru guru lain di Kabupaten Mesuji khususnya untuk bersama bergotong royong terus mengembangkan dan berbagi praktik baik pembelajaran, dengan demikian diharapkan transformasi digital dapat cepat dan serentak terimplentasi di Kabupaten Mesuji.


TAG

Dipost Oleh Solekul Hadi

Penyusun Informasi dan Publikasi