Logo
LPMP Lampung
images

Designed by Freepik, http://www.freepik.com

Informasi Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2020

Berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1845/B.B2/GT/2020 tentang Informasi Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2020, Direktorat Jenderal GTK melakukan penyempurnaan kurikulum dan pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2020 yang bertujuan untuk menghasilkan guru profesional yang dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing.

Sesuai surat edaran tersebut, pelaksanaan PPG Dalam Jabatan akan menggunakan sumber pembiayaan dari alokasi dana APBN dan APBD (bagi kabupatea'kola/provinsi yang telah mengalokasikan).

Berkenaan dengan pelaksaaan PPG Dalam Jabatan tahun 2020 diinformasikan beberapa hal sebagai berikut.

Pertama, PPG Dalam Jabatan dilaksanakan dengan pola daring selama selama 86 hari efektif yang meliputi 5 (lima) tahapan kegiatan yaitu a) pendalaman materi; b) pengembangan perangkat pembelajaran; c) reviu perangkat pembelajaran dan refleksi; d) PPL dan Reviu PPL; dan e) uji kompetensi mahasiswa PPG (LKMPPG) di perguruan linggi yang ditetapkan.

Kedua, sejumlah 28.000 guru telah ditetapkan sebagai calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan tahun 2020 dan ditempatkan pada perguruan tinggi sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Informasi penempatan calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan ke perguruan tinggi penyelenggara dapat dilihat pada laman sergur.kemdikbud.go.ld.

Ketiga, Guru yang telah ditetapkan sebagai calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan wajib melakukan konfirmasi kesediaan secara online pada laman tersebut untuk ditetapkan sebagai mahasiswa PPG Dalam Jabatan tahun 2020, selanjutnya wajib mencetak dan menandatangani dokumen Format Al dan Pakta Integritas.

Keempat, Guru yang telah menyelesaikan proses konfirmasi kesediaan dan menandatangani dokumen Pakta Integritas, dinyatlakan telah bersedia mengikuti ketentuan dan peraturan pembelajaran pada semua tahapan kegiatan PPG Dalam Jabatan tahun 2020.

Informasi lengkap mengenai penetapan, proses konfirmasi kesediaan, dan jadwal pelaksanaan PPG Dalam Jabatan dapat di lihat di sini.

Sumber : Direktorat Jenderal GTK, Kemendikbud

 


TAG

Dipost Oleh Solekul Hadi

Penyusun Informasi dan Publikasi