Logo
LPMP Lampung
images

Gajah Betik: Program Inovasi Pembelajaran TIK LPMP Provinsi Lampung

Gerakan Menjelajah dan Belajar TIK (GAJAH BETIK)  merupakan salah satu program inovasi  LPMP Lampung  yang selenggarakan oleh   Fungsional  Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) LPMP Lampung di tahun 2021. Kegiatannya meliputi fasilitasi, pembimbingan, dan sosialisasi pemanfaataan  hypermedia  kepada satuan pendidikan dalam  rangka menyongsong Asessmen Nasional dan implementasi digitalisasi sekolah pada sasaran Program Sekolah Penggerak (PSP) di Provinsi Lampung dan seluruh satuan pendidikan di wilayah Provinsi Lampung sebagai penerima layanan LPMP Provinsi Lampung.

Mengapa memilih Gajah Betik?

GAJAH BETIK adalah kepanjangan dari Gerakan Menjelajah dan Belajar Teknologi Informasi dan  Komunikasi). Sebagai maskot PTP LPMP Lampung dalam memberikan layanan pengembangan model pembelajaran dan  teknologi pembelajaran.

Kami memilih karakter gajah karena provinsi kami  yakni Lampung    sangat terkenal dengan hewan  gajahnya, memiliki kawasan konservasi gajah yang berbentuk taman nasional Way Kambas, di Kabupaten Lampung Timur.  Gajah merupakan hewan pengelana di  berbagai habitat seperti sabana, hutan, gurun dan rawa-rawa sepanjang pulau Sumatra. Dari sifat pengelana gajah ini menjadi inspirasi kami dalam semangat menjelajah. Kata Betik berarti baik  dalam Bahasa Lampung pesisir (Sai Batin). Sehingga Gajah Betik adalah niat dan semangat yang baik untuk berbagi ilmu dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya perbaikan pada rancangan dan pengelolaan pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan 4C (critical thingking,  communication, creativity, dan collaboration); adanya perbaikan pada pelaksanaan pembelajaran berbasis model pembelajaran dan hypermedia; dan Pendidik dapat mengembangkan manfaat akun belajar.id seluas luasnya  bagi peningkatan mutu proses pembelajaran  sebagai bagian dari implementasi program digitasi sekolah.

Program Gajah Betik pada tahap pertama di tahun 2021 ini mengusung tema pemanfaatan akun belajar.id untuk pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.  Merupakan bagian dari kegiatan LPMP Provinsi Lampung  dalam  mensukseskan penyebarluasaan pemanfaatan akun belajar.id sebagai salah satu program nasional Kemdikbud.

Dalam penyelenggaraan kegiatan fasiltasi ini, PTP LPMP Provinsi Lampung  telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung untuk fasilitasi pendidik jenjang SLB dan SMA, dengan dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/kota untuk  jenjang TK, SD dan SMP.

Fasilitasi dilaksanakan dengan pola Blended Learning, yaitu pola pembelajaran  kombinasi  antara kegiatan dalam jaringan  ( singkronus dan Asingkronus) dan luar jaringan ( luring).

Fasilitasi dalam pola dalam jaringan (daring), pembelajaran menggunakan platform zoom meeting selama 3 hari (singkronus), dilanjutkan dengan pembimbingan melalui layanan google Classroom selama waktu yang ditentukan fasilitator (Asingkronus). Pembimbingan meliputi pendalaman materi, pembimbingan dan konsultasi penyelesaian tugas, penilain tugas dan uji kompetensi bagi peserta. Peserta yang menyelesaikan semua syarat kelulusan akan mendapatkan sertifikat dari google workspace for education.

Sedangkan fasilitasi dalam pola Luring, PTP LPMP Provinsi Lampung memberikan layanan tatap muka terbatas pada satuan pendidikan  yang menjadi sasaran kegiatan. Untuk kegiatan luring ini dalam rancangan akan lebih fokus pada bagaimana memanfaatkan berbagai media pembelajaran, hypermedia (termasuk di dalamnya pemanfaatan akun belajar.id) untuk memenuhi kebutuhan perbaikan kualitas pembelajaran.

Sebagai bentuk out put dari fasilitasi luring adalah praktik baik pembalajaran di satuan pendidikan yang menjadi contoh bagi satuan pendidikan lainnya, praktik baik yang dihasilkan akan didesminasikan dalam kegiatan seminar  kerjasama PTP LPMP lampung dengan Dinas Kabupaten/ Kota.  Rangkaian kegiatan ini merupakan Inovasi  sebagai  bagian  dari upaya meningkatkan layanan LPMP Provinsi Lampung kepada satuan pendidikan dalam salah satu program nasional, yaitu digitalisasi sekolah.

Layanan LPMP lampung dalam peningkatan penyebarluasan pemanfaatan akun belajar.id   telah mendapatkan  apresiasi yang sangat baik,  baik dari jumlah peserta pada periode ini pun yang cukup banyak pada setiap kegiatan, yaitu : peserta fasilitasi pertama (15 Kabupaten/Kota) mencapai  1552 peserta, fasilitasi ke dua  (Kab. Lampung Barat ) mencapai 298 peserta, fasilitasi ke tiga (Kab. Mesuji) mencapai 1596 peserta.

Apresiasi terhadap kegiatan ini disampaikan oleh Plt. kepala dinas kabupaten Mesuji bapak Yoga Puja Rama W, S.Psi., M.M. dalam peresmian Fasilitasi Gajah Betik tanggal 29 Juli 2021. Beliau menyampaikan bahwa “Kesungguhan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan di kabupaten Mesuji yang telah ditunjukkan dengan capaian aktivasi akun pembelajaran tertinggi di Provinsi Lampung merupakan satu modal besar untuk dapat memberikan layanan pembelajaran yang berkualitas bagi seluruh peserta didik di kabupaten Mesuji. Komitmen belajar menjadi modal berikutnya yang perlu ditunjukkan dengan kesungguhan seluruh peserta pelatihan untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik dan mempraktikkan hasil pelatihan dalam pelaksanaan pembelajaran”.

Selanjutnya Yoga Puja Rama juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan, mewakili pemerintah daerah kabupaten Mesuji kepada LPMP Provinsi Lampung dan Dinas Pendidikan Kabupaten Mesuji yang telah bekerjasama dengan baik sehingga kegiatan ini dapat terselenggara. Semoga memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kompetensi siswa menghadapi tantangan abad 21.

Berikut ini kegiatan fasilitasi GAJAH BETIK  PTP LPMP Provinsi Lampung yang telah dilaksanakan di beberapa kabupaten/kota Provinsi Lampung pada bulan Juli 2021:

Gajah Betik (Gerakan Menjelajah dan Belajar TIK) Pemanfaatan Akun belajar.id untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Bersama LPMP Lampung pada Tanggal 08 -09 Juli 2021

Gajah Betik (Gerakan Menjelajah dan Belajar TIK) Pemanfaatan akun belajar.id untuk pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas  Se-Kabupaten Lampung Barat pada tanggal 14-16 Juli 2021

 Gajah Betik (Gerakan Menjelajah dan Belajar TIK) Pemanfaatan Akun belajar.id untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas  Se-Kabupaten Mesuji pada tanggal 29 sd 31 Juli 2021

 


TAG

Dipost Oleh Solekul Hadi

Penyusun Informasi dan Publikasi