Logo
LPMP Lampung
images

Calon Peserta PembaTIK 2020 Antusias Ikuti Bimtek Melalui Video Conference

Bimbingan teknis Calon Peserta Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) tahun 2020 diselenggarakan LPMP Lampung, Senin, 13 April 2020. Bimtek diselenggarakan melalui video conference sebagai alternatif model bimbingan teknis di tengah masa darurat penyebaran COVID-19. Upaya ini dilakukan sebagai salah satu upaya layanan bagi calon peserta PembaTIK 2020 agar mendapatkan informasi langsung dari Duta Rumah Belajar (DRB) Provinsi Lampung. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala LPMP Lampung, Drs. H. Zukirman, M.M yang dalam pengarahannya memberikan motivasi tentang pentingnya peningkatan kompetensi penguasaan TIK dalam pembelajaran bagi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan untuk menghadapi tantangan pembelajaran abad 21.

Kegiatan bimbingan teknis calon peserta PembaTIK ini diikuti 170 peserta dari seluruh kabupaten/kota di wilayah Provinsi Lampung dengan nara sumber dari DRB Provinsi Lampung tahun 2017, 2018 dan 2019. Selain bimbingan teknis terkait pembuatan akun dan penjelasan di setiap level PembaTIK pada kesempatan ini juga  disampaikan pengalaman dan praktik baik yang telah dilaksanakan oleh para duta rumah belajar dari level 1 sampai dengan level 4.

Peserta nampak sangat antusias mengikuti bimtek tersebut. Mereka secara seksama mengikuti pengarahan dari para Duta Ruma Belajar. Banyak diantaranya yang mengajukan pertanyaan ke para DRB yang telah memberikan bimbingan teknis dan motivasi bagi para calon peserta DRB tahun 2020. Diskusi berjalan hangat selama kurang lebih dua jam. Berbagai pertanyaan diajukan oleh peserta. Azam, dari SMPN 3 Banjit, Kabupaten Way Kanan misalnya, menanyakan perihal bagaimana tugas utama dan pola kerja dengan Dinas Pendidikan Kabupaten. “Apakah ada ikatan dengan Pendidikan Kabupaten atau tidak?” tuturnya. Sementara, Azhar dari SMPN 14 Mesuji menanyakan perihal manfaat apa yang didapatkan bagi guru honorer.

Kegiatan berlangsung selama dua jam penuh. Hampir tidak ditemukan kendala berarti selama video conference. Di akhir video conference, para DRB yang menjadi narasumber memberi motivasi kepada para calon peserta PembaTIK 2020 agar terus belajar dan menambah keterampilan untuk menghadapi tantangan perkembangan zaman.


TAG

Dipost Oleh Syahrul Fatriansah

Penyusun Informasi dan Publikasi LPMP Lampung